Minggu, 04 November 2012

Apa itu Bullying?


Bullying adalah pengalaman yang biasa dialami oleh banyak anak-anak dan remaja di sekolah. Perilaku bullying dapat berupa ancaman fisik atau verbal. Bullying terdiri dari perilaku langsung seperti mengejek, mengancam, mencela, memukul, dan merampas yang dilakukan oleh satu atau lebih siswa kepada korban atau anak yang lain. Zaman sekarang ini tindakan bullying sudah semakin melebar luas, anak-anak atau si korban yang menjadi tindakan bullyingpun juga semakin banyak. Pencegahan terhadap perilaku bullying pun sudah semakin di perketat. Tetapi walau sudah banyak hukuman yang disediakan untuk pelaku bullying tetap saja masih banyak orang yang melakukan hal itu. terutama dalam hal mengenai senior dan junior. Seperti dalam ospek maupun MOS, biasanya banyak senior yang memberikan perlakuan semena-mena terhadap juniornya, menurut mereka hal itu adalah indakan yang biasa dan itu juga merupakan sebuah budaya. Seharusnya tindakan bullying seperti ini harus segera di tindak lanjuti dengan baik, karena jika budaya bullying seperti ini terus berjalan maka, moral anak bangsa akan semakin tersesat.

Bentuk bullying ada 3 yaitu :

1. Fisik (memukul, menampar, memalak atau meminta paksa yang bukan miliknya, pengeroyokan menjadi eksekutor perintah senior).
2. Verbal (memaki, mengejek, menggosip, membodohkan dan mengkerdilkan).
3.  Psikologis (mengintimdasi, mengecilkan, mengabaikan, mendiskriminasikan).

Bullying berdampak juga menurunkan tes kecerdasan dan kemampuan analisis siswa yang menjadi korban, bahkan sampai berusaha bunuh diri. Bullying juga berhubungan dengan meningkatnya tingkat depresi, agresi, penurunan nilai - nilai akademik dan tindakan bunuh diri.

3 Syarat dinyatakan sebagai Bullying :

1.      Memberikan tindakan yang agresi secara terus-menerus
2.      Adanya kekuatan yang tak seimbang
3.      Adanya perilaku yang diulang-ulang





Tidak ada komentar:

Posting Komentar