Kamis, 04 April 2013

Gangguan Makan Pada Masa Remaja




Haiii..teman-teman kali ini aku akan ngebahas tentang beberapa macam ganguan pada masa remaja diantaranya yaitu  Anorexia Nervosa dan Bulimia Nervosa.
Penampilan sangatlah penting bagi kaum remaja, penampilan fisik yang langsing sangatlah di idam-idamkan oleh setiap kaum wanita. Tetapi karena keinginan tersebutlah dapat menyebabkan ketidakstabilannya dalam pola makan atau di sebut pula gangguan makan.
Pertama yang akan kita bahas yaitu, 

1.    Anorexia Nervosa :  Anorexia Nervosa  atau di sebut dengan melaparkan diri. Gangguan makan ini tergolong berbahaya karena dapat membahayakan jiwa. Penderitanya memiliki citra tubuh yang terdistoris, walaupun mereka melakukan diet secara konstan dan tidak makan, mereka berpikir masih terlalu gemuk. Di perkirakan 0,5 persen remaja wanita dan wanita muda serta presentase lebih kecil, namun terus meningkat dari anak laki-laki  di Negara barat terkena gangguan ini ( Committee on Andolescence, 2003:Martinez-Gonzalez et al 2003).

Yang kedua yaitu,
2.    Bulimia Nervosa : Bulimia Nervosa yaitu seseorang melakukan pesta makan besar-besaran dalam jangka waktu pendek, biasanya dua jam atau kurang dan kemudian mencoba untuk membatalkan pemasukan kalori yang besar dengan memuntahkan dengan sengaja, diet yang ketat atau berpuasa, melakukan latihan fisik yang berlebihan, atau mengkonsumsi obat atau suntikan pencahar untuk membersihkan tubuh. Orang yang menderita Bulimia terobsesi dengan berat dan bentuk tubuh mereka.  

Sekian artikel dari aku, semoga bermanfaat ya buat kalian yang baca..jika ada yang salah atau kurang jelas mohon maaf dan harap maklum ya..hehe :D

Sumber :
1. Buku Psikologi Perkembangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar