Rabu, 28 Maret 2012

Tahap-Tahap Perkembangan Manusia

1.     Periode Pra-Natal

Hal-hal penting yang terjadi pada fase ini:

a. Terjadinya pengalihan ciri-ciri genetis dari kedua orang tua. Bila terjadi gangguan dalam proses ini, maka baik ciri-ciri fisik maupun psikis dimasa mendatang juga akan terpengaruh.
b.      Pembentukan semua organ tubuh. Gangguan pada fase ini dapat mengakibatkan cacat bawaan.
c.            Kondisi psikologis dan fisik ibu saat mengandung memiliki dampak psikologis tertentu pada bayi.

2.     Periode Bayi

~Infancy (selama 2 minggu sejak lahir)

Ada 2 fase yang yang amat bebeda dalam periode ini :
a.      Fase partunatal, selama 30 menit setelah dilahirkan
b.      Fase neonatal, setelah plasnta dipotong

~Babyhood (masa pembentukan dasar-dasar kepribadian individu, berlangsung selama 2 tahun)
3.      Periode kanak-kanak awal (Early Childhood)

Dihitumg sejak anak berusia 2 tahun sampai berusia 2 tahun sampai berusia 6 tahun. Masa sulit bagi orang tua karena anak suka membantah orangtua dan banyak bertanya. Masa berkelompok (Gang age) dan masa konformitas.
4.     Periode kanak-kanak akhir (Late Childhood)
Dimulai sejak anak berusia 6 tahun sampai organ-organ seksualnya matang. Dalam usia sekolah, anak sudah jauh lebih mandiri. Anak mulai membandingkan segala sesuatu di rumahnya dengan yang ia temui di luar.


5.     Periode Pubertas
Ditandai dengan matangnya organ-organ reproduksi. Terjadi perubahan pola sosialisasi, tertarik berteman dengan lawan jenis. Periode pubertas merupakan periode tumpang tindih yaitu antara periode kanak-kanak akhir dan awal masa remaja. 
6.     Periode Remaja ( Adolescence)
Periode pemantapan identitas diri, disebut juga masa strom and stress, up and down. Masa transisi dalam periode kanak-kanak ke periode dewasa. Masa remaja dibagi menjadi 2 bagian:
1.        Masa remaja awal (usia 13-17 thn)
2.      Masa remaja akhir (usia 17-18 thn)

7.     Periode Dewasa Awal (Early Adulthood)
Secara umum berkisar antara usia 18-40 tahun. Periode ini adalah masa-masa pemantapan diri terhadap pola hidup baru. Mulai memikirkanlah hal-hal penting dalam hidupnya serius belajar demi karir dimasa depan, memilih pasangan yang lebih serius, cita-cita menjadi lebih realities.
8.     Periode dewasa madya (Middle Adulthood/ Middle Age)
Berkisar pada usia 40-60 tahun. Kehidupannya umumnya sudah mapan. Beberapa ahli berpendapat, bagi wanita dan pria yang berkarir, masa ini sebagai masa puncak keberhasilan.
9.     Periode Usia Lanjut (Late Adulthood/ Old Age)
Berkisar pada usia 60 tahun ke atas. Masa untuk mensyukuri segala sesuatu yang sudah di capai di masa lalu. Keadaan fisik sudah sangat menurun. Sumber-sumber masalah yang biasa dihadapi:
~Kesejahteraan ekonomi
~Status Sosial
~Ditinggalkan Pasangan
Bagi yang biasa bekerja, masa pension menjadi masa yang berat karena menimbulkan perasaan tidak berguna. Pada periode ini individu cenderung mempunyai hobi dan kelompok yang sama seperti saat remaja.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar