Jumat, 23 Maret 2012


~Apa yang dibutuhkan dari lulusan universitas untuk dunia kerja??







Keterampilan sebelum memasuki dunia kerja saat ini sangat dibutuhkan karena semakin banyaknya persaingan jumlah lulusan dari berbagai perguruan tinggi. Untuk membekali mahasiswa agar bisa bersaing ketika lulus. maka mahasiswa didalam pendidikan di kampus hendaklah diberikan pemahaman akan pentingnya mengasah minat dan bakat mereka ketika mereka kuliah, sehingga dengan memberikan arahan dan bimbingan dalam mengikuti setiap kegiatan non akademik di kampus dapat meningkatkan soft skills mereka yang dapat berguna di kemudian hari di dalam dunia industry.

Menurut Arthur W. Chickering (1969) digunakan pendekatan dan konsep pembinaan mahasiswa yang disebut  7 vectors of Development (SvoD). Adapun 7 Vectors of Development itu dibagi atas 7 tahapan dalam mengembangkan soft skills mahasiswa:
Tahap 1 adalah Developing Competence, yaitu : Mahasiswa membutuhkan keterampilan dan keyakinan diri di bidang intelektual, fisik, dan hubungan interpersonal.
Tahap 2 adalah Managing Emotions, yaitu : Mahasiswa membutuhkan kesadaran terhadap berbagai macam perasaan dan rangsangan melalui observasi diri secara terpisah, sehingga mampu mengontrol emosi serta menyatukan perasaan secara selaras.
Tahap 3 adalah Moving Through Autonomy Toward Interpedence, yaitu : mahasiswa membutuhkan kemampuan memotivasi dan mengatur diri sendiri serta mengurangi jaminan perhatian (ketertarikan) dan persetujuan dari orang lain. Kemampuan mengarahkan dirinya untuk mencapai tujuan atau sasaran yang hendak dicapai secara mandiri.
Tahap 4 adalah Developing Mature Interpresonal Relationship yaitu: mahasiswa membutuhkan kemampuan untuk membangun sikap toleransi dan penerimaan antar sesama serta mematangkan potensi dirinya nenbangun hubungan yang harmonis.
Tahap 5  Establishing Identity Yaitu : Mahasiswa ingin memperoleh secara akurat dan realistis tentang gambaran dirinya serta membangun citra dan harga dirinya untuk merasa mampu, percaya diri, serta memiliki nilai.
 Tahap 6  Developing Pupose, yaitu : mahasiswa membutuhkan kejelasan tujuan akhir yang hendak dicapai dari pendidikan yang diperolehnya
Tahap 7 Developing Itergrity yaitu : Mahasiswa membutuhkan kemampuan untuk mendefinisikan sistem nilai secara konsisten untuk membimbing aktivitas-aktivitas yang dilakukan sebagai manifestasi tanggung jawab sosial.
o   Pengembangan soft skill di perguruan tinggi:
Berdasarkan hasil jajak pendapat, kompetensi yang diperlukan dunia kerja ada 2 aspek yaitu :
         Aspek teknis berhub dengan latar belakang keahlian atau kebutuhan yg diperlukan di dunia kerja
         Aspek non teknis mencakup motivasi, adaptasi, komunikasi,kerjasama,problem solving,manajemen stress dan kepemimpinan
o   Data survey aspek non teknis
a.     Mau bekerja keras
b.     Kepercayaan diri tinggi
c.      Mempunyai visi ke depan
d.     Bisa bekerjasama dalam tim
e.      Memiliki kepercayaan yang matang
f.       Mampu berpikir analitis
g.     Mampu beradaptasi
h.     Mampu bekerja dalam tekanan
i.       Cakap berbahasa ingris
j.       Mampu mengorganisir pekerjaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar