Jumat, 23 Maret 2012


~Keterkaitan Soft Skill dan Hard Skill di dunia kerja &kuliah??





Dalam persaingan di dalam dunia kerja seperti sekarang, kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki kemampuan atau ke  profesionalisme dan manajerial skill sangat lah penting dan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan-perusahaan. Pentingnya soft skill jika seseorang mempunyai karakteristik atau sifat seperti itu maka pastilah orang tersebut mempunyai daya saing .Terlebih di dunia kerja sekarang banyak dipengaruhi perubahan pasar, ekonomi dan teknologi. Keseimbangan dari pertumbuhan hardskill dan softskill akan membuat Anda mengalami sukses lebih cepat dan lebih jauh dari kesuksesan yang hanya ditunjang oleh salah satu faktor tersebut. Perpaduan antara hardskill dan softskill sangat diperlukan untuk meraih jenjang karir yang tinggi atau memperluas bisnis di masa depan.

Tenaga kerja yang memiliki kecerdasan emosional  sangat mendukung dalam  kebutuhan tersebut selain  kecerdasan intelektual. Dari hasil survey Nasional Assosiation of Colleges and Employers USA (2002) terhadap 457 pimpinan perusahaan menyatakan bahwa Indeks Kumulatif Prestasi (IPK) bukanlah hal yang dianggap penting dalam dunia kerja. Tetapi yang jauh lebih penting adalah sotfskill antara lain kemampuan komunikasi, kejujuran, kerjasama, motivasi, kemampuan beradaptasi dan kemampuan interpersonal dengan orientasi nilai pada kinerja yang efektif.
Pentingnya soft skill bagi mahasiswa yaitu pengembangan softskills di perguruan tinggi memang harus dilakukan secara integratif dan menyeluruh. Pengembangan softskills tidak hanya sekedar memberikan pelatihan atau kursus softskills, misalnya kursus kepribadian atau teknik komunikasi saja. Sebuah perguruan tinggi seharusnya mengembangkan softskill mahasiswa yang benar-benar dimiliki si mahasiswa tersebut.
Pada umumnya dalam setiap pekerjaan, seseorang harus memiliki 4 hal yaitu  :
         Pengetahuan atau keterampilan khusus atau kompetensi teknis (hard skill)
         Pengalaman di suatu bidang atau sering dikenal sebagai jam terbang
         Kompetensi perilaku atau sering juga disebut soft skill/managerial skill dan
         Kepribadian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar